Senin, 17 September 2012

Prospek Peluang Usaha Pengobatan Herbal di Sumatra Barat


Prospek Peluang Bisnis Pengobatan Herbal - Usaha di Sumatera BaratSemakin tumbuh dan banyaknya usaha pe­ngobatan herbal akhir-akhir ini, bisa diartiak sebagai bisnis tersebut makin disukai oleh masyarakat. Hasilnya jangan heran jika usaha obat-obatan herbal ini sudah berubah menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan dan makin menjanjikan. Namun di daerah sumatera barat, obat-obatan herbal yang banyak beredar di mas­yarakat malah dido­mi­nasi oleh obat herbal dari luar. Sedangkan obat-obatan herbal dari daerah sendiri malah kurang dikenal konsumennya.
Ke­tua Kadin Pa­dangpariaman dan Ko­ta Pariaman bernama H Bagindo Jamo­hor menyatakan banyak yang sudah tahu bahwa Sum­bar selama ini juga terkenal kaya de­ngan potensi sumber daya alam­nya yang kaya dengan bahan baku untuk pe­ngolahan obat obat he­r­bal, ma­ka­nya sudah selayaknya obat obat herbal tradisional Minang juga perlu di­perkenalkan ke per­mu­kaan. Bagindo Jamohor juga bilang jika saja po­tensi bisnis pengo­batan her­bal yang ada di Sum­bar dapat di­ang­kat ke per­mu­kaan maka tidak ter­­t­utup ke­mungkinan nan­­tinya akan mampu mem­­­bu­ka peluang usa­ha baru.
Bagindo Jamohor coba memberi contoh seperti ku­­lit manggis yang ba­nyak dihasilkan pe­tani di Pa­dang­pa­riaman be­la­­­kangan ini terbuk­ti sa­ngat ampuh diman­faatkan untuk pe­­­ngobatan berbagai jenis pe­nya­kit. De­mikian pula bahan bahan lain­nya ter­masuk minyak kelapa murni. Hanya saja dalam jangka waktu yang lumayan lama ini po­tensi tersebut belum tergarap se­cara optimal, sehingga keberada­an­nya kurang dikenal secara luas oleh masyarakat luas.
Karena itulah diharapkan supaya nantinya pakar-pa­­kar bahan pe­ngo­batan tradisional dapat meneliti le­­bih lanjut tentang po­tensi pengo­batan herbal yang ada di Sum­bar, se­hingga nan­ti­nya Sum­­bar juga mam­­pu mem­pro­duksi jamu tra­disio­nal yang ber­khasiat bagi kese­hatan tubuh. Demikian juga di­nas terkait seperti Ko­perindag atau Di­nas Kese­hatan juga diha­rap­kan ak­tif melakukan pem­binaan dan pe­latihan terhadap para pelaku pe­ngobatan tradisional yang ada di Sum­bar, sehingga ke­mam­puan yang mereka punyai dapat di­dorong ke ­permukaan se­hing­ga pa­da akhir­nya bisa lebih dike­nal oleh masya­rakat indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.
Sumber : http://rumahanbisnis.com/prospek-peluang-usaha-pengobatan-herbal-di-sumatera-barat.asp#.UFbkK8iNKPE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar