Senin, 17 September 2012

Ternak ulat hongkong

Budidaya Beternak ulat hongkong, Peluang Usaha Modal Kecil buat Pelajar

Bisnis Modal Kecil untuk Pelajar - Budidaya Beternak Ulat HongkongMemanfaatkan waktu luang sepulang sekolah dapat diisi dengan banyak kegiatan misalnya membantu orang tua, bermain, belajar dan lain sebagainya. Menjadi seorang pelajar, kwajiban utama adalah belajar agar mendapatkan nilai baik di sekolah. Tapi menjadi seoerang pelajar bukan berarti tak memiliki kesempatan untuk mencari uang sendiri. Beternak ulat hongkong dapat dijadikan salah satu alternatif bisnis untuk para pelajar. Mengelolanya juga tidak rumit, dapat dilakukan di sela-sela waktu luang semisal waktu sepulang sekolah.
Mungkin jika kita mendengar nama “ulat” reaksi kebanyakan orang terutama para wanita akan merasa takut, jijik dan geli. Di balik segala anggapan negatif tentang ulat ternyata membudidayakan ulat hongkong bisa mendatangkan banyak penghasilan tambahan yang menguntungkan. Ulat hongkong ini dapat ditemukan di toko-toko pakan sebagai pakan burung, ikan, dan lain sebagainya. Ulat hongkong biasa dipergunakan sebagai suplemen pakan hewan-hewan tersebut. Ulat hongkong juga bisa dipergunakan sebagai bahan maknan hewan dalam bentuk pelet.
Sebenarnya bisnis ini cukup mudah dan tidak memerlukan tenaga apalagi modal besar, selain itu ulat hongkong bisa dibudidaya sebagai usaha sampingan atau untuk para pelajar bisa juga melatih jiwa wirausaha sejak dini. Hasil dari usaha sampingan budidaya ulat hongkong ini cukup menguntungkan, Harga ulat hongkong ini cukup lumayan antara Rp.20 ribu sampai dengan Rp.30 ribu per kg. Harga ulat hongkong memang sempat anjlok beberapa tahun lalu seharga Rp.12 ribu per kg, hal itu dikarenakan over produksi karena terlalu banyak peternak ulat hongkong ini. Tapi beberapa tahun terakhir harga sudah stabil di kisaran Rp.20 sampai Rp.30 ribu per kg.
Jika tertarik dengan Bisnis Modal Kecil budidaya ulat hongkong ini, langkahnya cukup mudah. Yang diperlukan hanyalah sabar, ulet, tlaten. Langkah-langkah budidaya ulat Hongkong ini adalah:
  • Sebuah kandang pemeliharaan berupa papan dari triplek, atau bisa juga dengan nampan plastik. sesuaikan ukuran dengan kebutuhan. Jika menggunakan triplek atau papan pada sudut-sudut diberi lakban agar ulat tidak lepas.
  • Pakan atau media pemeliharaan berupa campuran dedak halus atau Polard dan ampas tahu kering, banyak tersedia di toko pakan ternak.
  • Telur ulat hongkong dapat dibeli dari peternak, atau jika kesulitan bisa beli ulat hongkong kemudian dibudidaya hingga jadi serangga dan kemudian bertelur.
  • Untuk pakan ulat hongkong bisa juga diberi limbah sayuran, timun, papaya dan bahan makanan lainnya yang mengandung banyak air di dalamnya.
Agar sukses dalam membudidaya ulat hongkong ini adalah ketelatenan dalam melakukan pemeliharaan. Jika tak teliti terkadang ada hama sejenis ulat hongkong yang berukuran lebih kecil hidup pada pada tempat atau kandang ulat, tapi ulat kecil ini punya sifat kanibal dan memakan ulat-ulat hongkong yang lain dan ini membuat produksi menurun. Ulat hama ini biasanya datang dari media dedak halus dan dari lingkungan di sekitar kandang. Usaha ini memiliki peluang yang luas karena banyaknya peternak burung. Jika anda yakin.., kenapa gak dicoba…
Sumber : http://rumahanbisnis.com/peluang-usaha-modal-kecil-untuk-pelajar-budidaya-beternak-ulat-hongkong.asp#.UFbUDMiNKPE

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar