Senin, 17 September 2012

Usaha Rumahan Cemilan Kacang



Prospek peluang bisnis kacang sembunyi, enak camilannya enak juga untungnya. Kandungan lemak dan protein yang tinggi dalam kacang tanah membuat makanan ini menjadi makanan ringan yang sehat untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, Vitamin E, kalsium, fosforus, vitamin B komplesk, Vitamin A dan K, kalsium, lesitin dan kolin juga terdapat dalam kacang tanah. Tingginya kandungan protein dalam kacang tanah melebihi tingginya protein dalam daging, kacang soya dan telur. Kacang tanah juga memiliki rasa yang manis juga banyak dipakai untuk membuat berbagai macam kue dan makanan lain.
Diantara banyaknya olahan kacang tanah yang sudah ada, salah satu yang menarik adalah kacang sembunyi. Kacang sembunyi memang terdengar aneh di telinga kita. Asal usul kacang ini belum banyak diketahui oleh sebagian orang, tapi sudah banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang renyah, gurih, dan juga manis. Kacang sembunyi ini berbahan baku utama kacang tanah dan juga tepung terigu, tapi soal rasa tidak mau kalah dengan camilan yang lain.
Makanan ini cocok sekali dimakan saat sedang bersantai dengan keluarga. Kacang sembunyi pasti banyak dicari, saat ini penggemar makanan ini merata di semua kalangan. Tapi permintaan pasar dengan produksinya tidaklah seimbang. Produksinya masih sedikit sekali, dan permintaan pasar tinggi terutama saat menjelang hari raya Idul Fitri atau pun hari raya yang lain. Ini yang membuat peluang bisnis kacang sembunyi terbuka lebar untuk kita.
Ali Mundhofar misalnya, pria ini kebanjiran pesanan kacang sembunyi pada awal bulan Ramadhan. Pada saat bulan Ramadhan pendapatan omsetnya bisa 10 kali lipat dari biasanya. Cemilan kacang memang membuka peluang usaha di bidang bisnis makanan. Usaha yang digeluti oleh Ali Mundhofar sejak tahun 2001 ini mengawali usahanya dengan alat yang sangat sederhana dan masih dikerjakan dengan tangan dan ia kerjakan sendiri dengan dibantu oleh sang istri. Untuk memasarkan kacang sembunyi ini, Ali Mundhofar menawarkan produknya ke toko-toko yang ada di daerahnya.
Pada awalnya hanya mampu memasarkan produknya ini di Jepara saja, tapi kini berkembang ke kota-kota lain seperti Pati dan Kudus. Yang membaut kacang produksi Ali Mundhofar berbeda dari kacang yang lain adalah rasa kacang yang khas, manis dan renyah. Produk ini punya merk “Rani Kacang Sembunyi” nama ini diambil dari nama sang istri. Nama itu dipakai karena istrinyalah yang membantu usaha ini dari awal sampai sekarang.
Peluang pasar yang masih terbuka lebar tentunya menjadi kesempatan kita untuk mencoba peluang bisnis makanan ini, proses pembuatan yang bisa dipelajari dan bahan baku yang mudah didapat di sekitar kita, tentunya semakin mudah jika kita ingin mencoba menggeluti usaha ini. Tinggal bagaimana kita lebih kreatif untuk membuat produk yang berbeda dari produk yang lainnya.
Sumber: http://rumahanbisnis.com/peluang-usaha-makanan.asp#.UFbhtciNKPE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar